Popular Posts

Tuesday 8 November 2016

MENYEMAI KERATAN ANGGUR

  • Pertama, rendam batang  ke dalam larutan Fungiside terlebih dahulu selama 3 jam. Setelah itu, angkat dan tiris-anginkan hingga mengering.
  • Kedua, setelah batang  mengering, rendam bagian bawah batang stek ke dalam larutan Hormon Akar dengan kedalaman kira-kira 3 cm saja selama kurang lebih 30 minit. Kemudian angkat dan tiris-anginkan sampai mengering.
Langkah berikutnya, siapkan  berupa pot, gelas air mineral, polybag kecil dan semisalnya yang telah diisi media tanam berupa sekam bakar steril.
  • Tanam dengan hati-hati batang  ke dalam media tanam hingga kedalaman kira-kira 1/3 (sepertiga) panjang batang stek. Jangan lupa padatkan media tanam supaya posisi batang stek tidak mudah bergerak/bergeser.
  • Siram dengan air hingga seluruh bagian batang  dan media tanam basah.
CATATAN:
Selama mengikuti penyemaian di atas; dari langkah awal hingga akhir, hindari  di tempat yang terkena sinar matahari. Sebaiknya dilakukan di dalam ruang/rumah agar lebih aman. Lebih bagus lagi dilakukan pada malam hari.
C. PERAWATAN
Setelah batang disemai sesuai panduan di atas, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan sebagai tahap perawatan adalah:
  • Sejak hari pertama batang  disemai hingga muncul tunas, letakkan  di lokasi yang jauh dari sinar matahari, angin kencang dan hewan, serta hal-hal lainnya yang beresiko .

  • Sangat disarankan kepada Anda yang menyemai dalam jumlah sedikit, sebaiknya diletakkan di dalam rumah saja. Namun apabila Anda menyemai dalam jumlah yang cukup banyak, Anda meletakkan  di bawah pohon besar, kemudian ditutup dengan plastik agar  benar-benar aman dari terpaan angin dan cahaya matahari, serta gangguan lain seperti haiwan, serangga dan sebagainya. (silahkan lihat contoh gambar di bawah!)

  • Lakukan penyiraman 3-5 hari sekali agar media tanam tidak telalu lembab dan tidak pula terlalu kering.

  • Berdasarkan pengalaman kami selama ini yang sudah menyemai ribuan batang stek anggur, rata-rata dari 10 batang PASTI ada yang gagal tumbuh antara 1 sampai 4 batang.

  • Setelah batang  tumbuh daun muda yang telah mekar (membentuk daun sempurna), maka sudah boleh terkena sinar matahari pagi maksima sampai jam 10 pagi setiap hari. Namun, hindari terkena hembusan angin kencang, karena  beresiko gugur bahkan patah. Sedangkan untuk dalam jumlah banyak yang diletakkan di bawah pohon besar, maka pelindung hujan boleh dibuang sehingga ianya berumur 2bulan.
D. PINDAH TANAM
Tanaman anggur dari batang  memerlukan waktu minima 2 bulan sejak semai untuk dilakukan pindah tanam ke pot besar atau  terkena sinar matahari penuh.
E. Lampiran Foto





No comments: